@article{ppkn, author = {Rosma Nababan}, title = { HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KRISTEN HOSANA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN}, volume = {1}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dengan hasil belajar Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Siswa Kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 Yang Berjumlah 30 Orang.Sampel Penelitian Ini Adalah Seluruh Jumlah Populasi (Sampel Total ) Sebayak 30 Orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi Angket terdiri dari 20 pertanyaan dengan 4 pilihan (a,b,c,d) yang telah diuji cobakan untuk menentukan validitas dan reliabilitasnya.N Hasil uji normalitas data keterampilan guru memberi penguatan berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2 hitung<X2 tabel (4,235<43,77) . Data normalitas hasil belajar PKn berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2 hitung <X2 tabel (24,69<43,77). Hasil uji linieritas data keterampilan guru memberi penguatan dengan hasil belajar adalah linier dengan persamaan Y = 68,19 + 0,480 X dikonsultasikan dengan Ftabel. Fh > Ft (28> 4,17 ). Uji kecenderungan keterampian guru memberi penguatan kategori sangat baik (50%), dan hasil belajar kategori kategori cukup baik (33,33%). Hasil uji korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,453 dan r tabel = 0,361 karena r hitung > rtabel ( 0,453 > 0,361 ) maka hal ini menunjukan ada hubungan antara keterampilan guru memberi penguatan dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menguji taraf signifikasi kedua variabel di atas digunakan uji statistic (uji t ) pada taraf signifikan t0,05 diperoleh thitung 42,95 dan t tabel 1,70 karena thitung > ttabel ( 42,95 > 1,70 ). Maka hal ini menunjukan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019}, issn = {2088-8376}, pages = {1--9}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/149} }