@article{ppkn, author = {Lukman Pardede and Dewi Pardede}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN}, volume = {2}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020.Jenis penelitian ini quasi eksperimen (eksperimen semu). dengan Populasi seluruh siswa kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020 yang terdiri dari tujuh kelas dan 2 jurusan yaitu IPA Dan IPS yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Pengambilan sampling dilakukan secara acak (cluster random sampling) yaitu XI IPS-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berjumlah 20 item berbentuk pilihan berganda dengan 4 option yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu di uju normalitas dan homogenitas data.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 51,66 dengan standar deviasi 11,54 dan kelas kontrol 45,66 dan standar deviasi 18,39. Selanjutnya diberi uji t dua pihak diperoleh = 1,51 dan = 2,00 karena < (1,51<2,00) maka hal ini menujukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Diakhir pembelajaran dilakukan post test dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78,83 dengan standar deviasi 6,782 dan p kelas kontrol 75,5 dengan standar deviasi 6,83. Hasil uji statistik (uji t satu pihak) diperoleh = 1,89 dan = 1,67 karena > (1,89>1,67), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA 17 Medan T.A 2019/2020.}, issn = {2088-8376}, pages = {108--120}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/546} }