@article{global, author = {Veramika Br Sembiring}, title = { PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYAORGANISASITERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO}, journal = {JURNAL GLOBAL MANAJEMEN}, volume = {9}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = {Ada banyakfaktor yang mempengaruhikualitaspelayanan,diantaranyakomitmenorganisasi dan budayaorganisasi. Penelitianinidilakukandenganpendekatankuantitatif, dimanajumlahpopulasisebanyak 22 responden. Sebelumkuesionerdisebarkan pada responden, terlebihdahuludilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisisregresi linier berganda, dan pengujianhipotesisdilakukandengan uji t, uji F dan uji R2. Persamaanregresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitianiniadalahY = -0,812+ 1,693 X₁ + 0,711 X₂. Berdasarkanpengujianhipotesis yang dilakukan, diperolehbahwa : (1) Komitmenorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (7,121) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (2) Budayaorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (6,829) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (3) Komitmenorganisasi dan Budayaorganisasisecarabersama-samaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai F hitung (340,418) >nilai F tabel (3,49) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusikomitmenorganisasi dan budayaorganisasiuntukmenjelaskankualitaslayananadalahsebesar 97,3%, sedangkansisanyasebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditelitidalampenelitianini.}, issn = {2715-6001}, pages = {158--168}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1009} }