@article{jurnalrectum, author = {Desi Br Tarigan and Efron Manik and Simon Panjaitan}, title = { PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII}, journal = {JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana}, volume = {5}, number = {3}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe T.P. 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 1 Barujahe yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes.Berdasarkan hasil penelitian model problem based leraning terhadap kemampuan Koneksi Matematis diperoleh persamaan regresi Y ̂= 32,871 +0,631X. Kelinearan regresi yaitu Fhitung < Ftabel dimana X terhadap Y diperoleh -3,66 < 2,55 maka H0 diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel dimana X terhadap Y yaitu 16,301 > 4,20 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung > ttabel dimana X terhadap Y yaitu 4,213 >1,70. Koefisien determinasi untuk X terhadap Y diperoleh r2 = 38,4%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan konekdi matemati siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Barusjahe sehingga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.}, issn = {2684-7973}, pages = {416--429}, doi = {10.46930/jurnalrectum.v5i3.5005}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5005} }