@article{jurnalrectum, author = {Yunita Sidauruk and Rio Napitupulu and Canni Sianturi}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SUB TEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN}, journal = {JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana}, volume = {4}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Data di olah dengan mengunakan uji N-gain, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji N-Gain dengan hasil yang diperoleh 0,66 dengan kategori sedang atau cukup efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,61 > 2,064). Maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di SD Swasta HKBP Tomuan.}, issn = {2684-7973}, doi = {10.46930/jurnalrectum.v4i2.5104}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5104} }