@article{jurnalrectum, author = {Imelda Sibarani and Christian Silaban and Maria Purba and Lastri Butarbutar}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN DAN HABITATNYA KELAS V}, journal = {JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana}, volume = {4}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Untuk dapat melihat tingkat keberhasilan model pembelajaran TGT berbantu media gambar tersebut, dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. berdasarkan pada hasil observasi, proses pembelajaran di kelas V UPTD SD Negeri 124388 Pematangsiantar masih belum sesuai harapan. Kebanyakan hasil belajar peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan-permasalahan yang muncul yaitu kurangnya penggunaan model-model pembelajaran yang variatif dan penggunaan media pada proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu dilakukan Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis Pre-Exsperimental designs (nondesigns). Dengan desain rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dikarenakan hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan tanpa adanya kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di sekolah UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar pada tanggal 22-23 Juli 2024. Setelah dilakukan penelitian dilakukan dapat dilihat hasil penelitian digunakan uji Hipotesis dihitung dibantu dengan menggunakan SPSS versi 20, dapat kita lihat t¬hitung 19,010¬ > t¬tabel 2,073 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hewan dan Habitatnya di kelas V.}, issn = {2684-7973}, doi = {10.46930/jurnalrectum.v4i2.5226}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5226} }