@article{jurnalrectum, author = {Angela Sukma and Ropinua Sidabutar and Gayus Simarmata}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII}, journal = {JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana}, volume = {4}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Pematangsiantar. Jenis metode eksperimen yang digunakan peneliti adalah metode Pre-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Pematangsiantar, yang beralamat di Jl. Medan km 4,5, Sumber Jaya, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Pengaruh itu ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 27,174 + 0,826X. Pengaruh tersebut melalui uji-t, yaitu thitung > ttabel (11,878 > 2,048) atau p (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka H_0 ditolak dan H_(1 ) diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Pola Bilangan kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Sumbangan varians variabel X (model pembelajaran make a match) terhadap variabel Y (hasil belajar matematika) sebesar 83,4%.}, issn = {2684-7973}, doi = {10.46930/jurnalrectum.v4i2.5238}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5238} }