@article{OJSUDA, author = {Lukman Pardede and Dewi Pardede}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT TAHUN AJARAN 2020/2021}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {29}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = {Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dibagi atas dua kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberikan Model pembelajaran Time Token dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung.Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah78,83. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah75,50. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistic (uji t) > (1,89>1,67).}, issn = {2654-3915}, pages = {180--192}, doi = {10.46930/ojsuda.v29i2.1059}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1059} }