@article{OJSUDA, author = {Windah Siahaan and Susy Sibagariang and Lasma Siagian}, title = { HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2021/2022}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {30}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 134 siswa kelas XI IPS dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, dokumentasi berupa raport mahasiswa semester genap tahun ajaran 2021/2022, dan wawancara dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa (responden). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis yaitu uji korelasi berganda, uji parsial (t) dan uji simultan (F). Hasil penelitian: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,047<0,05 dan thitung 2,003>ttabel 1,97810. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar siswa di sekolah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,027<0,05 dan thitung 2,234>ttabel 1,97810. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan fhitung>fttabel yaitu 7,848 > 3,07.}, issn = {2654-3915}, pages = {503--510}, doi = {10.46930/ojsuda.v30i2.2117}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2117} }