PERAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN

  • Prabudi Darus Universitas Darma Agung
  • Irene Silviani Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi komunikasi dalam peningkatan penjualan ditinjau dari Bauran Pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyandarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Komunikasi pemasaran mempresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Bauran promosi meliputi inisiatif dan koordinasi dari kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan produk yang diiklankan dan promosinya. Dalam mengembangkan bahan-bahan periklanan, sangatlah berguna jika para manajer merancang berbagai ide, citra dan perasaan yang mereka inginkan dari para orang-orang kreatif agar dapat menggugah konsumen. Salah satu pendekatan untuk mengembangkan tema iklan adalah menganalisis karakteristik motivasi dan psikografi dari pasar target. Bauran promosi merupakan kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan (Basu, 1990). Variabel-variabel yang terdapat dalam bauran promosi adalah periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan, direct mail.

Published
Feb 28, 2022
How to Cite
DARUS, Prabudi; SILVIANI, Irene. PERAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN. MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 60-73, feb. 2022. ISSN 2746-0215. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/1515>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1515.
Section
Articles