FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RISIKO EKUITAS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018- 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh financial leverage, asset growth, dan leverage terhadap risiko ekuitas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Permasalahannya adalah apakah financial leverage, pertumbuhan aset, dan leverage berdampak pada risiko ekuitas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial dan simultan. populasi 36 perusahaan consumer goods dan diperoleh sampel berjumlah 11 perusahaan Jenis regresi yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji yang digunakan adalah uji hipotesis yaitu uji T (parsial), uji F (Anova) dan Leverage berpengaruh secara simultan terhadap beta saham pada perusahaan Consumer goods Y = 0,510 + 0,092 X1 - 0,012 X2 - 0,142 X3. kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut harga saham sebesar 28,3% sebagamana ditunjukkan oleh besarnya R square 283 sedangkan sisanya 71,7% dipegaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliliti pada penelitian ini.dengan uji T tabel = 2,042 dan uji Ftabel = 3,30