@article{tekniksipil, author = {Mikael Sihite}, title = { ANALISIS STABILITAS LERENG PADA JALAN KARO LANGKAT DESA TELAGAH KM : 2+575 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS (Study kasus)}, journal = {JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL}, volume = {10}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = {ABSTRAK Pesatnya pembangunan di daerah perkotaan dan besarnya keinginan masyarakatuntukmemilikikediamandanrumahperistirahatandidatarantinggimenyebabkan pembangunaan di daerah lereng tidak dapat dihindari lagi. Daerahseperti ini sangat rentaan terhadap keruntuhan atau longsor. Hal – hal ini yangmenyebabkan beberapa kerugian yang dapat langsung dialami oleh masyarakat,sepertijatuhnyakorbanjiwaakibatlongsor,hilangnyatempattinggaldankerugianlainnya. Mengingat variasi faktor dan proses yang dapat menyebabkan kelongsoran sertabanyak kerugianyang akan dialami jika kelongsoran terjadi, maka perhitungandankondisikondisiyangmempengaruhikestabilitasanlerengmenjaditantanganuntukdianalisis.Diperlukansuatuketelitiandanketetapanuntukmenghasilkanperhitunganyangakurat,olehkarenaitu,seiringdenganperkembanganpengetahuandanteknologisaatini,akanjauhlebihbaikjikaperhitungan stabilitas lereng dilakukan dengan menggunakan metode fellenius.Dari hasil akhir Metode felleniusini dapat diketahui besar nilai faktor keamanansuatulerengdanmengetahui kondisistabilitas lerengyangada. PadahasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaiSafetyFaktor(Fs)lerengyangditinjaudenganperhitunganmanualdenganmenggunakanperhitunganmetodeFelleniusadalah1.127.HasilpengujiantersebutlebihkecildarinilaiSafetyFaktor(Fs) yang telah ditentukan yakni 1,25. Yang berarti lereng tersebut Lereng Kritis.}, issn = {2721-0073}, pages = {76--82}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2247} }