@article{teknologimesin, author = {Pernando Tambunan and T. Hasbalah and Kristian Tarigan}, title = { ANALISA PERFORMANSI ENGINE I-VTEC PADA MOBIL HONDA BRIO KAPASITAS 1200 CC}, journal = {Jurnal Teknologi Mesin UDA}, volume = {5}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Menghadapi perkembagan teknologi otomotif semakin pesat diantaranya produsen yang ada di Indonesia, dalam upaya inovasi yang dilakukan terkait performa mesin. Dan untuk mengetahui bagai mana karakteristik dan performa mesin I-VTEC, hasil dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian terkait data Torsi, daya poros efekti, tekanan rata-rata, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisiensi thermis. Pada penelitian ini penulis mengambil data dengan menggunakan alat ukur diantaranya adalah Honda HDS Diagnostic Scantool Denso DST-i. Alat ukur tersebut dipakai untuk mengetahui kondisi mesin. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa perhitungan secara termodinamika dari mesin Honda Brio Kapasitas 1200 CC. Dari analisa termodinamika diperoleh : Volume langkah sebesar 0,0003 m3 , Volume sisa sebesar 0,000032967 m3, Massa campuran udara dan bakar udara , 0,000032967 m3, Parameter performansi mesin. Tekanan efektif rata-rata pada permukaan piston pada langkah kerja pada mobil Honda Brio Kapasitas 1200 CC adalah : 491 kPa = 491.000 pascal, daya yang dihasilkan pada proses output mesin yang sering disebut sebagai daya rem (brake power) adalah : 75,736 kW, daya indicator sebagai daya yang dihasilkan dalam silinder motor sehingga pembakaran atau besarnya laju panas akibat pembakaran di dalam silinder adalah 29 kW = 38,8 HP, Konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) sebagai indikasi efisiensi dalam menghasilkan daya dari pembakaran adalah sebesar 104 gram/Kw-jam, efisensi termal yang merupakan indikasi sesungguhnya dari konversi input termodinamika enjadi ekanis sebesar = 53 % dan memenuhi syarat menurut Philip Kristanto. (Efisiensi indicator termal motor berkisar 40-55% ), Efisiensi volumetric pada mobil Honda Brio Kapasitas 1200 CC adalah sebesari : 89,8 %}, pages = {100--107}, doi = {10.46930/teknologimesin.v5i1.4481}, url = {https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/4481} }