ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN PRODUKSI TEMPE DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Boyche Nainggolan Universitas Darma Agung
  • Setiaman Laia Universitas Darma Agung
  • Mey Linda Sipayung Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui (1) faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran produksi tempe (2) permintaan dan penawaran produksi tempe elastis, (3) tingkat pendapatan pengolahan tempe, (4) kelayakan usaha pengolahan tempe di daerah penelitian. Penentuan daerah penelitian atas pertimbangan bahwa produksi pengolahan tempe di daerah penelitian lebih berkembang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permintaan produksi tempe di Desa Tanjung Selamat dipengaruhi oleh harga tempe, selera konsumsi masyarakat dan pendapatan produsen. Sedangkan penawaran produksi tempe di Desa Tanjung Selamat dipengaruhi oleh harga tempe, teknologi yang digunakan produsen dan biaya produksi tempe. (2) permintaan produksi tempe di Desa Tanjung Selamat bersifat inelastic terhadap harga tempe, selera konsumsi masyarakat dan pendapatan produsen. Sedangkan penawaran produksi tempe di Desa Tanjung Selamat bersifat inelastis terhadap harga tempe, teknolgi yang digunakan produsen dan biaya produksi tempe. (3) pendapatan bersih produksi tempe sebesar Rp. 19,614,349/Bulan. (4) usaha pengolahan tempe layak diusahakan dengan rasio R/C sebanyak 1,35 > 1 yang berarti pengolahan tempe memberi keuntungan secara ekonomi.


 

Published
Mar 31, 2022
How to Cite
NAINGGOLAN, Boyche; LAIA, Setiaman; SIPAYUNG, Mey Linda. ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN PRODUKSI TEMPE DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 29-37, mar. 2022. ISSN 2715-2413. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/1626>. Date accessed: 08 july 2024.
Section
Articles