ANALISIS PEMASARAN PISANG BARANGAN (Musa acuminata L) DI DESA NAMORIH, KECAMATAN PANCUR BATU, KAB. DELI SERDANG, PROV. SUMATERA UTARA

  • Denis Lubis Universitas Darma Agung, Medan
  • Pebrianti Panjaitan Universitas Darma Agung, Medan
  • Wilmar Saragih Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pola saluran pemasaran pisang barangan, (2) Besarnya Marketing margin, Price spread dan Share margin pisang barangan, (3) Efisiensi pemasaran pisang barangan di daerah penelitian. Penelitian dilaksanakan di Desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian dilaksanakan mulai bulan September–Agustus 2022. Jumlah sampel pada penelitian ditetapkan sebanyak 15 KK yang terdiri dari 10 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul serta 3 orang pedagang pengecer pisang barangan. Jenis data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu secara deskriptif, rumus marjin pemasaran, rumus share margin dan rumus efisiensi pemasaran. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : (1) Saluran pemasaran di Desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu terdiri dari 2 saluran, yaitu saluran I : petani –pedagang pengecer – konsumen akhir. Saluran II : petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir. (2) Share margin pada saluran pemasaran I sebesar 88,2%, sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar 79,3%. (3) efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar 7,6% sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar 13,6%.          

Published
Feb 28, 2023
How to Cite
LUBIS, Denis; PANJAITAN, Pebrianti; SARAGIH, Wilmar. ANALISIS PEMASARAN PISANG BARANGAN (Musa acuminata L) DI DESA NAMORIH, KECAMATAN PANCUR BATU, KAB. DELI SERDANG, PROV. SUMATERA UTARA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 38 - 52, feb. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2980>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles