HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN T.A 2021/2022

  • Rosmini Tarigan
  • Bapo Tamba
  • Agustinus Laia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara profesionalisme Guru Masa Pendemi Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XI Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Etislandia Medan berjumlah 70 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan (sampel total). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah 23 item.Hasil uji normalitas data Profesionalisme Guru (X) Kelas XI berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (16,29 < 90,53). Hasil Belajar PKn (Y) di Kelas XI berdistribusi normal diperoleh Xh< Xt2 (84,52 < 90,53). Hasil uji linearitas data Profesionalisme Guru dengan Hasil Belajar PKn adalah linear dengan persamaan Y = 70,87 + 0,05 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (36,38 > 3,98). Hasil uji kecenderungan Profesionalisme Guru (X) dikategorikan tinggi (68,75%). Hasil uji kecenderungan Hasil Belajar PKn (Y) dikategorikan tinggi (34,28%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung  = 0,75 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 70 diperoleh rtabel = 0,23. Karena rhitung >  rtabel (0,75  > 0,23) maka hal  ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 9,55  ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (9,55 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Profesionalisme Guru Pada Masa Pendemi.

Published
Feb 10, 2022
How to Cite
TARIGAN, Rosmini; TAMBA, Bapo; LAIA, Agustinus. HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN T.A 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 31-42, feb. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1286>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles