PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

  • Rotua Chatarina Pakpahan UPT SPF SMP Negeri 1 Tanjung Morawa
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3882

Abstrak

Penelitian ini adalah   meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan metode pembelajaran bermain peran (role playing) pada siswa Kelas 7-1 SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun ajaran 2019/2020.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus,  setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi  yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa metode pembelajaran bermain peran  dalam mengajarkan pokok bahasan Tata Surya Kelas 7-1 SMP Negeri 1 Tanjung Morawa sebanyak 31 orang. Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran bermain peran (role playing)dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar IPA setiap siklus yaitu dari rata-rata 70,52 menjadi rata-rata 80,19. siswa merasa senang belajar IPA dan termotivasi untuk belajar

Diterbitkan
Oct 16, 2023
##submission.howToCite##
PAKPAHAN, Rotua Chatarina. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 74 - 85, oct. 2023. ISSN 2088-8376. Tersedia pada: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3882>. Tanggal Akses: 12 apr. 2025 doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3882.
Bagian
Articles