MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS 10 DI SMP 3 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Lely Yasrianti Sitorus Universitas Darma Agung

Abstract

Bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran berbasis inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas 10 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.

Published
Oct 16, 2023
How to Cite
SITORUS, Lely Yasrianti. MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS 10 DI SMP 3 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 86 - 99, oct. 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3883>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3883.
Section
Articles