HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS XI MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalahseluruh kelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021, sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 populasi dengan menggunakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket berjumlah17 item, yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas, untuk hasil belajar menggunakan dokumentasi daftar kumpulan nilai siswa(DKNS). Hasil uji persyaratan analisis normalitas data gaya belajarsiswa berdistribusi normal dengan hasil Xhitung2 <Xtabel2 (29,44<43,77) dan data hasil belajar PKn siswa berdistribusi normal. Hasil uji linearitas gaya belajar dengan hasil belajar PKn siswa adalah linear. Hasil uji kecenderungan gaya belajar cenderung rendah (26,6%), dan hasil uji kecenderungan hasil belajar PKn cenderung sedang (63,33%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi X dan Y diperoleh rhitung=0,454 dan rtabel = 0,349 (0,454>0,349). Hal ini menunjukkan ada hubungan antaragaya belajar dengan hasil belajar PKn siswa, dan uji signifikan kedua variabeldilanjutkan dengan uji “t” diperoleh thitung= 3,04 dan ttabel= 1,69 (thitung> ttabel ) (3,04>1,69), disimpulkanada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar PKn siswakelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021.