ANALISIS PEMASARAN POKDAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI DESA BOGAK KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Abstract
Strategi sangat penting dalam suatu bisnis, demikian juga pemasaran yang diterapkan dalam menjalankan suatu bisnis guna memperluas wilayah pemasarannya. Bukan hanya sebagai memperkecil rasio kerugian ketika mempertahankan keberadaan suatu usaha tapi juga upaya mengembangkan usaha lewat pemasaran. Riset ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan apa yang menjadi factor pendukung serta penghambat ketika mengembangkan pemasaran udang vaname di Desa Bogak Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Riset ini menerapkan kualitatif sebagai metode yang digunakan, sedangkan subjek dalam riset ini adalah kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) tambak inovatif di desa bogak kecamatan teluk mengkudu kabupaten Serdang bedagai provinsi sumatera utara, yang berjumlah 14 orang. Observasi, wawancara serta dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam riset ini. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dan kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : keuntungan usaha Pokdakan Tambak Inovatif di Desa Bogak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai sebesar Rp 30.186.220,36, Usaha Pokdakan Tambak Inovatif Desa Bogak Layak untuk dilanjutkan dengan nilai B/C sama dengan 1.132 dengan BEP pada saat produksi rata rata 2.985.376, 63 kg per anggota, dan Strategi Pemasaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) berada pada kuadran II atau Strategi Diversifikasi yaitu menggunakan Kekuatan (Aspek legal formal teregister, Potensi Sumberdaya Alam dan Sumberdaya Manusia) meminimalisasi Ancaman yaitu : Timbulnya penyakit, Air tercemar dan fluktuasi biaya produksi.