PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMK NEGERI 7 MEDAN

  • Irma Br Tarigan Universitas Darma Agung
  • Indah Rianti Panggabean Universitas Darma Agung

Abstract

Kinerja guru-guru tidak bisa dilepas dari adanya motivasi. Motivasi yaitu keadaan pribadi seseorang yang memberikan dorongan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu demi mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru-guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru-guru sebagai variabel terikat. Banyaknya sampel penelitian ini ada 97 guru. Metode analisis statistik yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data adalah penelitian lapangan dan kepustakaan. Analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y=14.318+0,379X, nilai thitung = 4,915 dan nilai ttabel = 1,660, nilai segnifikasinya diperoleh sebesar 0.000<0,05, koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,450 memiliki arti bahwa variabel motivasi kerja memiliki hubungan cukup kuat terhadap kinerja guru-guru dan R Square = 0,203 berarti 20,3%. peningkatan kinerja guru-guru dapat dijelaskan oleh variabel motivasi  sedangkan 70,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak  dimasukkan  dalam  model  penelitian  ini.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa hubungan motivasi kerja cukup kuat dan positif terhadap kinerja guru-guru sejalan dengan penelitian terdahulu dimana motivasi  memiliki hubungan  yang kuat dan positif terhadap kinerja.  Disarankan  kepada  kepala  sekolah  SMK  Negeri  7  Medan untuk dapat  meningkatkan pemberian motivasi kerja kepada guru-guru agar kinerja guru-guru juga semakin maksimal.

Published
Jun 24, 2022
How to Cite
TARIGAN, Irma Br; PANGGABEAN, Indah Rianti. PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMK NEGERI 7 MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 199- 211, june 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1604>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i1.1604.
Section
Articles