PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MEMASANG IKLAN PADA PT. SUMO INTERNUSA INDONESIA

  • Clarita Roma Harta Br. Hutagaol Universitas Darma Agung
  • Helen Bebseba Br Sembiring Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi dan harga dalam pengambilan keputusan untuk memasang iklan pada PT. Sumo Internusa Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan, menafsirkan dan menganalisa data sehingga menemukan tujuan pembahasan secara efektif, juga menggunakan analisis kuantitatif yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas. Adapun yang menjadi sampel adalah klien yang memasang iklan pada PT. Sumo Internusa Indonesia sebanyak 50 orang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel bebas yaitu harga secara parsial dengan variabel terikat yaitu keputusan memasang iklan, sedangkan variabel lokasi secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memasang iklan. Dari hasil uji t yang telah dilakukan pada variabel lokasi dimana nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel yaitu sebesar -2,359 < 2,01174 dengan signifikansi sebesar 5% maka variabel lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memasang iklan maka keputusan H0 diterima. Sedangkan hasil dari uji t variabel harga yang telah dilakukan dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,429 < 2,01174 maka variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memasang iklan maka keputusan Ha diterima. Variabel lokasi dan harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan memasang iklan berdasarkan dari nilai Fhitung = 28,498 > Ftabel = 3,20, dan hasil dari Adjusted R Square = 0.529 (52,9%).

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
HARTA BR. HUTAGAOL, Clarita Roma; BR SEMBIRING, Helen Bebseba. PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MEMASANG IKLAN PADA PT. SUMO INTERNUSA INDONESIA. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 112-126, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1782>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1782.
Section
Articles