PENGARUH PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA STMIK ITMI MEDAN
Abstract
Pelayanan akademik merupakan semua tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Sedangkan Kepuasan Pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Pelayanan Akademik Berpengaruh Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada STMIK ITMI Medan?” Kerangka berpikir dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu : Variabel X (Pelayanaan Akademik) dan Variabel Y (Kepuasan Mahasiswa). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi STMIK ITMI Medan. Sampel berjumlah 67 responden dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (Quesioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 22 Windows. Dari hasil persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Y= 16,275+0.254 X. berdasarkan koefisien determinasi = 80,6% artinya kontribusi yang diberikan Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa sebesar 80,6%. Berdasarkan hasil uji Statistik (Uji t), nilai t hitung > t tabel (4,190>1,997) dengan tingkat signifikan 0,16>0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pelayanan Akademik berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STMIK ITMI Medan”. Disarankan kepada pimpinan STMIK ITMI Medan untuk lebih meningkatkan Pelayanan agar tercapainya tingkat Kepuasan Mahasiswa STMIK ITMI Medan.