PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG HANDPHONE VIVO DI PLAZA MEDAN FAIR

  • Iwanti Pasaribu Universitas Darma Agung, Medan
  • Munilia Waruwu Universitas Darma Agung, Medan
  • R.B Napitupulu Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Kualitas produk merupakan keseluruhan ciri serta sifat barang dan jasa yang berpengaruh pada iemampuan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Minat beli ulang merupakan keinginan dan tindakan konsumen untuk membeli ulang suatu produk, karena adanya kepuasan iang diterima sesuai yang diinginkan dari suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang handphone vivo di plaza medan fair. Metode Analisis data yang digunakan adalah metode analisis Kuantitatif. Dimana sampel sebanyak 83 responden, menggunakan sofware SPSS yang dapat disimpulkan hasil persamaan regresi sederhana sebagai berikut : Y = 23.026 + 0,140. Dari persamaan regresi sederhana terlihat bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Dan berdasarkan hasil uji t nilai hitung 2.271> ttabel 1,989 dengan tingkat nilai signifikan (0,000<0,05) iartinya bahwa kualitas produk berpengaruh secara persial terhadap minat beli ulang. Dan nilai uji determinasi (R2) sebesar 0,514 menunjukkan ibahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 51,4% terhadap minat beli ulang dan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh  variabel lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis  memberikan saran yakni untuk meningkatkan kepercayan konsumen  yang sudah ada tetap memperhatikan kualitas produk, maka akan meningkatkan minat beli ulang serta memberikan rasa puas kepada pelanggan yang menggunakan handphone vivo kedepannya.

Published
May 16, 2023
How to Cite
PASARIBU, Iwanti; WARUWU, Munilia; NAPITUPULU, R.B. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG HANDPHONE VIVO DI PLAZA MEDAN FAIR. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 88 - 95, may 2023. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/3205>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v12i1.3205.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)