PENGARUH PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA STMIK ITMI MEDAN

  • Evi Kartini Ndruru

Abstract

Tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun disebut dengan pelayanan. Sementara kepuasan pelanggan adalah membandingkan apa yang telah diterima dan apa yang menjadi harapan dari konsumen. Dalam penelitian ini yang merupakan perumusan masalah adalah :“Apakah Pelayanan Akademik Berpengaruh Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada STMIK ITMI Medan?”. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi STMIK ITMI Medan. Sampel berjumlah 67 responden dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (Quesioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Y=16,275+0.254X. Berdasarkan koefisien determinasi =80,6% artinya kontribusi yang diberikan Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa sebesar 80,6%. Berdasarkan hasil uji Statistik (Uji t), nilai thitung> ttabel (4,190>1,997) dengan tingkat signifikan 0,16>0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pelayanan Akademik berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STMIK ITMI Medan” dapat diterima. Disarankan kepada pimpinan STMIK ITMI Medan untuk lebih meningkatkan pelayanan agar tercapainya tingkat kepuasan mahasiswa STMIK ITMI Medan.

Published
Jun 5, 2021
How to Cite
NDRURU, Evi Kartini. PENGARUH PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA STMIK ITMI MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 86-94, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/996>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles