PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS XI SMA

  • Uki Simanjuntak Universitas Darma Agung
  • Berkat Sabar Waruwu Universitas Darma Agung
  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Situasi pandemi Covid 19, waktu pembelajaran disekolah rentan berkurang hal ini dapat mempengaruhi berkurangnya penjelasan guru didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based learning (PBL). Jenis Penelitian merupakan Research and Development  dengan desain  model 4-D yaitu, Define, Design, Development dan Dessiminate. Kevalidan modul dilakukan oleh 2 validator, yaitu validator ahli dan validator pengguna. Uji coba terbatas dilakukan pada satu kelas, yang sudah mempelajari materi impuls dan momentum yaitu kelas XII MIPA yang berjumlah 22 peserta di SMA Mulia Pratama Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  modul pembelajaran fisika berbasis PBL yang dihasilkan layak untuk digunakan dengan nilai rata-rata dari kedua validator, validasi pengguna sebesar 3,56 atau 91% dari 4 aspek penilaian, aspek isi, bahasa, kegrafisan dan penyajian dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata dari Validator Ahli sebesar 3,69 atau  92% dari 5 aspek penilaian, aspek isi, kebahasaan, penyajian, kegrafisan dan konseptual   dengan kategori  sangat valid.  Respon ketertarikan peserta didik orang  terhadap produk pengembangan berupa modul pembelajaran berbasis PBL dengan nilai rata-rata dari 3 aspek penilaian sebesar 3,39 atau 85% dengan kategori efektif.

Published
Jun 19, 2023
How to Cite
SIMANJUNTAK, Uki et al. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS XI SMA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1 - 16, june 2023. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/3440>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i2.3440.
Section
Articles