PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP N 1 ADIANKOTING T.P 2023/2024
Abstract
Memasuki era society 5.0 pembelajaran diharapkan berpusat bagi peserta didik karena dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal. Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal tentu para guru harus menerapkan berbagai model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik semangat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas IX SMP N 1 Adiankoting T.P. 2023 /2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP N 1 Adiankoting yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas IX –1 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan dengan model STAD berbantuan LKPD dan Peserta Didik kelas IX – 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,65 > 1,67) maka hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Listrik Dinamis kelas IX SMP N 1 Adiankoting T.P 2023/2024.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.