PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN TP. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X Semester II SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 565 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana diperoleh kelas X TKJ-3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berjumlah 31 siswa dan kelas X TKR-6 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes soal yang berjumlah 17 butir soal tes dengan berbentuk pilihan ganda dengan 5 option ( a, b, c, d, dan e) yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,77 dengan standar deviasi 11,28 dan kelas kontrol 37,80 dengan standar deviasi 10.76. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,731 dan α = 0,05 karena sign > α (0,731 > 0,05) maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh 80,35 dengan standar deviasi 8,97 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,29 dengan standar deviasi 8,021. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,024 dan α = 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 60. Karena sign < α (0,024 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P.2019/2020