PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAS PAMASTA TANJUNG MORAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Pada Materi Pokok Vektor Di Kelas X SMAS PAMASTA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Teknik Sampel Total (Total Sampling). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS PAMASTA yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas (cluster random sampling), dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – MIPA 1 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET dan siswa kls X – MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 item dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipótesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 52,22 dan kelas kontrol adalah 45,56 . kemampuan awal didapat thitung = 0,220 dan ttabel = 2,002. Menunjukkan bahwa thitung < ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah pembelajaran berakhir dilakukan postes untuk kedua kelas dan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,33 untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 76,89. Berdasarkan uji Homogenitas pretes diperoleh data Fhitung = 1,63 sedangkan Ftabel = 1,86. Karena Fhitung (1,63) < Ftabel (1,86) maka data penelitian pretes homogen, uji Homogenitas postes diperoleh data Fhitung = 1,84 sedangkan Ftabel = 1,86. karena Fhitung (1,84) < Ftabel (1,86) maka data penelitian postes homogen, uji statistik (uji t satu pihak) diperoleh thitung = 4,37 dan ttabel = 1.67 pada taraf nyata α = 0,05, dengan dk sebanyak 58. Karena thitung > ttabel yaitu (4,37 > 1.67) maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok vektor di kelas X SMAS PAMASTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.