PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL T.P 2017/2018

  • RICHIE ERINA Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan LKS terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok Pengukuran di kelas X SMK Swasta Budi Setia Sunggal T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45.61 dan standar deviasi adalah 11.79 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 47.27 dan standar deviasi adalah 10.85 dengan sign (2-tailed) = 0.571 dan α = 0.05. Karena sign > α (0.571 > 0.05) hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda dan diakhir pelajaran diberikan postes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79.09 dan standar deviasi 11.61 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70.30 dan standar deviasi 11.98 dengan sign (2-tailed) = 0.005 dan α = 0.05. Karena sign <  α (0.005 < 0.05) hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Pengukuran di kelas X semester I SMK Swasta Budi Setia Sunggal T.P 2017/2018.

Published
Nov 15, 2018
How to Cite
ERINA, RICHIE. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL T.P 2017/2018. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7-13, nov. 2018. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/63>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles