PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL T.P 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan LKS terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok Pengukuran di kelas X SMK Swasta Budi Setia Sunggal T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Analisis data menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45.61 dan standar deviasi adalah 11.79 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 47.27 dan standar deviasi adalah 10.85 dengan sign (2-tailed) = 0.571 dan α = 0.05. Karena sign > α (0.571 > 0.05) hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda dan diakhir pelajaran diberikan postes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79.09 dan standar deviasi 11.61 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70.30 dan standar deviasi 11.98 dengan sign (2-tailed) = 0.005 dan α = 0.05. Karena sign < α (0.005 < 0.05) hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Pengukuran di kelas X semester I SMK Swasta Budi Setia Sunggal T.P 2017/2018.