PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2016/2017

  • RAMEYANTI TAMPUBOLON Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi di kelas XI semester II SMK Swasta Teladan Medan T.A.2016/2017. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas XI, dengan secara cluster random dipilih  kelas XI2 sebagai eksperimen dan kelas XI2 sebagai kontrol, masing-masing 37 siswa. Instrumen penelitian menggunakan essay tes sebanyak 10 butir telah diuji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Selanjutnya diberi perlakuan dan diperoleh hasil perhitungan uji t satu pihak dengan bantuan SPSS 22.0 dengan nilai sig. (0,000 < 0,05) pada taraf signifikan  = 0,05 dan dk = 72, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Generative Learning terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di kelas XI semester II SMK Swasta Teladan Medan T.A.2016/2017.

Published
Nov 15, 2018
How to Cite
TAMPUBOLON, RAMEYANTI. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2016/2017. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 53-58, nov. 2018. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/67>. Date accessed: 25 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2