PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA/I PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI mKELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MARISI MEDAN T.P 2020/2021

  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan modelpembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media audio-visual terhadap keterampilan proses sains siswa/i pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMA Swasta Marisi Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitianini adalah quasi eksperiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xsemester I SMA Swasta Marisi Medan yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas (cluster random sampling), dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen , yang diajarkan denganmodel pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan media audio –visual, dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk essay pada materi Pengukuran yang terdiri dari 9 soal, dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,72 dan pretes kelas kontrol adalah 50,93. Dari uji t dua pihak nilai pretes kedua kelas diperoleh thitung = 0,283 dan ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, dan diakhir pembelajaran dilakukan postes. Setelah dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,09 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 58,70. Dari uji t satu pihak nilai postes kedua kelas diperoleh  thitung= 12,68 dan ttabel = 1,671. Karena t hitung > ttabel (12,68>1,671), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media audio -visual terhadap keterampilan proses sains siswa/i pada materi pokok pengukuran di kelas X Semester I SMA Swasta Marisi Medan T.P 2020/2021

Published
Jan 19, 2021
How to Cite
DAMANIK, Dede Parsaoran. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA/I PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI mKELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MARISI MEDAN T.P 2020/2021. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 38-45, jan. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/874>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)