PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING BERBANTUAN PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 HILIDUHO TP.2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model cooperatif learning berbantuan project Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Pengukuran Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Hiliduho T.P 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester l SMA Negeri 1 Hiliduho yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total samping, yaitu kelas X ipa 1 Sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajar dengan model cooperatif learning berbantuan project dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajar dengan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berjumlah 16 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 5 option (a,b,c,d dan e) yang telah diuji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil analisis data di peroleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,00 dengan standar deviasi 12,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol diperoleh data pretes 36,04 dengan standar deviasi 16,39. Dari hasil uji statistik uji t dua pihak, di peroleh harga thitung =0,611 dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikan karena thitung < ttabel (0,611 < 2,002), hal ini menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas sampel sama. Kemudian di berikan perlakuan yang berbeda, selanjutnya di lakukan postes di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,42 dengan standar deviasi 11,87 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 77,08 dengan standar deviasi 11,41.berdasarkan hasil uji statistik uji t satu pihak di peroleh harga thitung =2,789 dan ttabel = 1,671 pada taraf karena thitung > ttabel (2,789 > 1,671). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model cooperatif learning berbantuan project terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X semester l SMA Negeri 1 Hiliduho T.P 2020/2021.