HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 1 MARDINGDING KABUPATEN KARO
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis hubungan kompetensi guru dengan kinerja guru di SMAN 1 Mardingding Kabupaten Karo. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Guru SMAN 1 Mardingding Kabupaten Karo yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan terdiri atas analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson tersebut menunjukkan hasil korelasi (Correlation coefficient) di atas 0,8 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Kompetensi dengan variabel Kinerja memiliki korelasi yang erat. Dari tabel Anova nilai F hitung 147,840 dengan tingkat signifikansi adalah 0,000 < 0,05 yang berarti variable Kompetensi (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja (Y). Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,831 nilai ini diambil dari R Square, hal ini berarti 83.10 % variabel Kinerja dapat dijelaskan oleh variabel Kompetensi. Sisanya sebesar 16,9 % dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel diluar model yang tidak diteliti.
An author who publishes in the Jurnal Prointegrita agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).