PERAN MARKETING POLITIK DALAM MEMBANGUN KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN POLITIK

  • Jovan Prima Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara
  • Memorianus Amazihono Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara
  • Chacha Annisa Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara
  • Marisa Permatasari Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara
  • Joko Susilo Raharjo Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran marketing politik dalam membangun kekuasaan dan kepimpinan politik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi literatur. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama,data yang sudah dikumpulkan diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, menganalisis data-data yang sudah dikaji menggunakan analisis isi. Ketiga, pengambilan kesimpulan disertai saran-saran berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya pada langkah pertama dan kedua. Melalui peran tersebut, teori dan praktik marketing politik dapat menghasilkan suatu dinamika politik yang memiliki efek negatif dan atau positif dalam membangun simbol serta citra politik kekuasaan dan kepemimpinan. Peran marketing politik menjadi sebuah strategi terencana serta lebih terukur dalam membangun kekuasaan dan kepemimpinan politik dapat menghasilkan manfaat alternatif baru pada ilmu politik.

Published
Feb 14, 2023
How to Cite
FIRMANSYAH, Jovan Prima et al. PERAN MARKETING POLITIK DALAM MEMBANGUN KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN POLITIK. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 947 - 961, feb. 2023. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/2849>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i1.2849.