REHABILITASI SOSIAL BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KASUS NARKOBA MELALUI PEMBINAAN KEMANDIRIAN (STUDI KASUS PADA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA PEKANBARU)

  • Afifah Adila Salsabila AE Universitas Islam Riau
  • Kasmanto Rinaldi Universitas Islam Riau

Abstract

Kriminalitas telah menjadi salah satu permasalahan sosial yang nyata dan hampir menjadi permasalahan di seluruh dunia. Di Indonesia kejahatan narkoba masih terbilang tinggi dan tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia menjadi pasar besar penjualan bagi para narkoba dari jaringan nasional hingga internasional. Tingginya angka narkoba bagi perempuan membuat perempuan yang terlibat kasus tersebut akan ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Perempuan dan di rehabilitasi serta di bina melalui pembinaan kemandirian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, penulis juga memperoleh , melalui pembinaan kemandirian ini warga binaan yang berada di Lapas Perempuan mendapatkan banyak manfaat karena adanya kegiatan – kegiatan yang membuat mereka lebih percaya diri dan penuh tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang disekitarnya. Melalui pembinaan kemandirian warga binaan mendapatkan bekal ilmu untuk digunakan saat sudah menyelesaikan masa pidananya dan bisa diterima di masyarakat sekitarnya.

Published
Sep 28, 2024
How to Cite
SALSABILA AE, Afifah Adila; RINALDI, Kasmanto. REHABILITASI SOSIAL BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KASUS NARKOBA MELALUI PEMBINAAN KEMANDIRIAN (STUDI KASUS PADA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA PEKANBARU). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 452 - 459, sep. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/4718>. Date accessed: 29 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v6i3.4718.