HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP DI KOTA MEDAN
Abstract
Kontrol diri memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap individu agar terhindar dari perilaku-perilaku negatif yang dapat menghambat proses belajar siswa tersebut. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kontrol Diri Dengan Disiplin Belajar Siswa SMP Di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu accidental sampling, yang berdasarkan faktor spontanitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi sebagai alat ukur untuk mengungkapkan aspek-aspek psikologis. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Data penelitian ini diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara Kontrol Diri dengan Disiplin Belajar pada siswa siswi di Kota Medan. sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya semakin tinggi Kontrol Diri maka semakin tinggi pula Disiplin Belajar pada siswa siswi di Kota Medan. Berdasarkan data pengkategorisasian Kontrol Diri siswa siswi di Kota Medan, diketahui bahwa Kontrol Diri dibagi menjadi 3 kategori. Dimana terdapat sebanyak 273 (78,0%) subjek penelitian yang berada pada kategori tinggi, kategori sedang sebanyak 0 orang (0%) kemudian pada kategori rendah sebanyak 77 orang (22,0%). Maka untuk Kontrol Diri siswa siswi di Kota Medan lebih banyak pada kategori tinggi. Dalam hal ini juga Disiplin Belajar lebih banyak berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 301 orang yaitu sebesar (86,0%), kemudian sebanyak 49 orang yaitu sebesar (14,0%) berada pada kategori sedang dan sebanyak 0 orang (0%) berada pada kategori rendah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.