PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V

  • Meliala Silaen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hetdy Sitio Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Canni Loren Sianturi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI. Model penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian yakni kelas V SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI sebanyak 25 orang. Adapun hasil nilai rata rata pretest yakni 61,04 yang termasuk dalam kategori kurang baik atau belum memenuhi KKM, kemudian hasil rata rata posttest yaitu 85,20 yang termasuk kategori sangat tinggi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dengan uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda. Hasil Uji N-Gain score menunjukkan hasil 0,84 yang dimana 0,84>0,70 hasil tersebut tergolong kategori tinggi. Pada nilai persentase didapatkan hasil 84,79 yang dimana 84,79 > 76 maka tergolong kriteria efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel (11,802 > 2,063). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan volume balok di SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI.

Published
Dec 9, 2024
How to Cite
SILAEN, Meliala; SITIO, Hetdy; SIANTURI, Canni Loren. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 215-223, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5033>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i3.5033.