PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
Abstract
Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 5 Pematangsiantar menunjukkan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi (kovensional) selama pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui pengamatan yang dilakukan dikelas VIII yang berjumlah 7 kelas. Dari pengamatan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa yang mendapatkan nilai tuntas atau diatas KKM hanya 79 siswa atau 39,3% dari total keseluruhan siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui uji kelayakan media pembelajaran komik digital biologi pada materi sistem pencernaan kepada validator ahli yaitu dosen dan guru mata pelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran komik digital biologi serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran komik digital biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji kelayakan media pembelajaran komik digital biologi oleh validator ahli media diperoleh persentase rata-rata 89,5% dan ahli materi diperoleh persentase rata rata 89,75% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran komik digital biologi memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran komik digital biologi yang dapat dilihat melalui hasil pretest dan posttest. Adapun respon terhadap media memiliki tanggapan siswa, yang ditunjukkan oleh angket respon siswa sebesar 89.92%, yang termasuk dalam kategori sangat layak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.