PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

  • Yeni Sri Safariani Purba Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Theresia Monika Siahaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Natalina Purba Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 098166 perumnas batu VI Siantar TA 2023/2024 penelitian ini merupakan penelitian melihat pengaruh metode belajar. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas V SDN 098166 perumnas batu VI TA 2023/2024 dengan jumlah sampel 25 orang siswa. 0bjek penelitian berupa metode demontrasi, cara pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, pengumpul data berupa soal post test-pree test, untuk menguji hipotesis adalah taraf 5%. Dari analisa data, metode demontrasi disekolah SDN 098166 Peumnas batu VI termasuk kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa siswa pada pembelajaran IPA termasuk kategori tinggi, berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh r x y = 2,499 > 2,068 pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis yang diajukan terbukti ada pengaruh dari metode demontrasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 098166 Pada tahun ajaran 2023/2024.

Published
Dec 10, 2024
How to Cite
PURBA, Yeni Sri Safariani; SIAHAAN, Theresia Monika; PURBA, Natalina. PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 680-691, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5039>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5039.