PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN

  • Alfani Yesica Saragih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Desi Sijabat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Maria Barus Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pkn Di Uptd Sd Negeri 122340 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest (Test awal-Tes akhir dimana kelompok sampel di berikan perlakuan (variabel bebas) tetapi kemampuan awal sampel diketahui terlebih dahulu melalui Pretest. Berdasarkan pemerolehan hasil penelitian dan data yang telah ada maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap kemampuan kognitif siswa dikelas IV UPTD SDN 122340 Pematang Siantar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS Statistic 21 diperoleh thitung = 2,499 > ttabel = 2,068 dan Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut terlihat Ha diterima itu artinya terdapat pengaruh penggunaan terdapat pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap kemampuan kognitif siswa dikelas IV UPTD SDN 122340 Pematang Siantar.


 

Published
Dec 10, 2024
How to Cite
SARAGIH, Alfani Yesica; SIJABAT, Desi; BARUS, Maria. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 692-701, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5040>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5040.