EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaram kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI SMA N 5 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimental dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian yakni kelas XI SMA N 5 Pematang Siantar sebanyak 169 Orang. Berdasarkan Teknik purposive sampling Sample yang artinya sederhana karena pengambilan anggota sampel secara sengaja. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-9 berjumlah 34 orang. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu berupa richtig oder falsch dan multiple choice test dengan melakukan tahap pretest, treatment dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan posttest maka dihasilkan data penelitian. Adapun hasil nilai rata-rata pretest yakni 52 yang termasuk dalam kategori kurang baik kemudian hasil rata-rata posttest yaitu 85,58 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis yang diuji, diketahui bahwa metode pembelajaran CIRC efektif terhadap kemampuan membaca siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis uji ternormalisasi N-Gain persen 69,96% dimana skor tersebut berada pada kategori cukup efektif. Kemudian, berdasarkan uji hipotesis statistik dengan paired sample test dihasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,5 maka HO ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian metode kooperatif tipe CIRC terbukti efektif terhadap keterampilan membaca siswa kelas XI SMA N 5 Pematang Siantar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.