PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Uptd Sd Negeri 122384 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Ekperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttets design. Siswa diberi test awal (pretest) sebelum diberi perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan. Setelah hasil tes awal diperoleh maka akan diberikan tindakan yang akan dinilai pengaruhnya. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Populasi yang ditunjukkan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar yaitu sebanyak 28 orang. Berdasarkan pemerolehan hasil penelitian dan data yang telah ada maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Take and give berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh yaitu 20,979 dan 1,701 maka diperoleh > atau 20,979>1,701 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selain itu pada saat dilakukannya observasi siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.