PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI WORDWALL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Edukasi Wordwall Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Tamansiswa Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode True-experimental design tipe Pretest- posttest Control Group Design. True-experimental design tipe Pretest-posttest Control Group Design merupakan desain penelitian yang terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitiandan pengembangan mediapembelajaran permainan edukasi Wordwall pada materi sistem pencernaan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1. Media pembelajaran permainan edukasi Wordwall pada materi sistem pencernaan menggunakan pendekatan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji tingkat kelayakan media pembelajaran permainan edukasi Wordwall berdasarkan 4 aspek penilaian para ahli diperoleh hasil 94% dengan kategori sangat layak untuk diujicobakan dalam proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia. 2. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran permainan edukasi Wordwall pada materi sistem pencernaan manusia mencapai persentase yang cukup tinggi yaitu 83% dengan kategori sangat baik. 3. Media pembelajaran permainan edukasi Wordwall pada materi sistem pencernaan manusia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Tamansiswa Pematangsiantar. Maka, diperoleh bahwa Ha diterima dan Ho ditolak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.