MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN DIKELAS IV
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Pecahan Dikelas Iv Sd Negeri 101943 Bengkel. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101943 Bengkel dengan jumlah 18 siswa pada semester II (Genap) tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101943 Bengkel. Waktu penelitian pada bulan Mei 2024 sampai dengan Juni 2024. Untuk memperoleh data yang diharapkan agar sesuai dengan tujuan penelitian, maka peneliti melakukan pengumpulan data melalui serangkaian kegiatan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta angket minat belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data pada setiap siklus serta pengujian hipotesis tindakan yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka diperoleh simpulan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar matematika peserta didik di kelas IV SD Negeri 101943 Bengkel.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.