UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI FKK 2 SMK Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025 setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Quizziz. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI FKK 2 SMK Negeri 3 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Quizziz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI FKK 2 SMK Negeri 3 Medan tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data pada tes awal, terdapat 5 siswa (16,67%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan 25 siswa (83,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 57,41. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, terdapat 14 siswa (46,67%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan 16 siswa (53,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 65,83. Pada siklus II terdapat 27 siswa (90%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan 3 siswa (10%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 80,83. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kelas sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Quizziz dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI FKK 2 SMK Negeri 3 Medan tahun ajaran 2024/2025.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.