PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V

  • Daniel Manalu Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Heni wanti Sinambela Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Nurlela Tamba Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Hutri Wangsa Anumerta Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Tri Vena Silalahi Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Patricia Salsalina Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Yanti Vidarosa Naibaho Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang ditemukan dari proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri, yakni untuk mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dan untuk mengetahui apakah ada penerapan dari penerapan model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Santo Yoseph 1 Medan. Metode penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) merupakan mempunyai kelas kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempenerapani pelaksanaan eksperimen”. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen karena penulis akan mencari penerapan treatment (perlakuan) tertentu. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap mata pelajaran matematika tentang FPB dan KPK di kelas V

Published
Dec 16, 2024
How to Cite
MANALU, Daniel et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5096>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5096.