Pengaruh Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
Abstract
Seorang guru harus mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dan menyampaikan materi dengan menggunakan model-model pembelajaran yang tepat. Sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Tujuan dilakukan nya penelitian ini untuk mengetahui:Pengaruh model PAIKEM terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Berdasarkan batasan-batasan diatas, diketahui bahwa jumlah siswa kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan sebanyak 28 orang siswa yang terdiri dari 1 kelas saja. Model paikem (Pembelajaran, aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan) sangat berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS SD Swasta HKBP Tomuan. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan uji âtâ dengan hasil yang diperoleh, thitung = sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% yaitu 1.73406. Dengan demikian thitung >ttabel yaitu (5.167 > 1.73406). Kesimpulan dari dilakukan nya penelitian ini Berarti hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian dapat diterima, yaitu minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan sesudah menerapkan model PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) lebih baik dari pada sebelum menerapkan model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) di SD Swasta HKBPN Tomuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.