PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di Sd Negeri 097805 Rambung Merah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 097805 Rambung Merah, Jl. Rajamin Purba Kec. Siantar, Kab. Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Adapun kelas yang digunakan peneliti adalah kelas I. Berdasarkan hasil data yang telah di paparkan pada bagian sebelumnya, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan seluruh siswa masih belum dapat mencapai nilai KKM yang bagus, yaitu ada 22 siswa yang belum mencapai nilai KKM yang bagus sebelum dilakukannya perlakuan menggunakan media wordwoll dan setelah diberikan perlakuan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada hasil pretest dan posttest yaitu 43,27 dan 85,40 berdasarkan data nilai sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan angka dari 43,27 menjadi 85,40. Berdasarkan data yang didapat bahwa signifikan Uji normalitas posttest 0,002 > 0,05 yang mana hasilnya lebih besar dan bersifat normal, pada Uji - t mendapatkan thitung sebesar 20,852 dengan tingkat signifikasi 0,000. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung > ttabel (20,852> 1,720) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat adanya pengaruh media pembelajaran wordwoll terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri 097805 Rambung Merah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.