ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII

  • Selvia Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Firman Pangaribuan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yoel Octobe Purba Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk Analisis Pemahaman Matematis Siswa Pada Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Smp Negeri 12 Pematang Siantar. Siswa dengan kemampuan pemahaman tinggi dalam menyelesaikan soal sistem persaman linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, S1 mampu menuliskan kembali apa itu sistem persamaan linear dua variabel. Siswa dengan kemampuan pemahaman sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, S2 mampu menjelaskan apa itu sistem persamaan linear dua variabel dan juga mampu membedakan mana contoh dan bukan cntoh dari sistem persamaan linear dua variabel. Siswa dengan kemampuan pemahaman sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, S3 mampu menjelaskan apa itu sistem persamaan linear dua variabel dan juga mampu membedakan mana contoh dan bukan cntoh dari sistem persamaan linear dua variabel, pada indikator menyampaikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel belum dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal.

Published
Dec 25, 2024
How to Cite
SITANGGANG, Selvia; PANGARIBUAN, Firman; PURBA, Yoel Octobe. ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5171>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5171.
Section
Articles